Senin, 23 Juni 2008

Belajar Bersyukur Yuk!

[Miund] - Tadi siang abis ngobrol panjang sama si Mamah. Biasalah, obrolan Minggu siang di jam-jam siesta gitu deh. Hal kecil jadi kebawa gede… dan tiba-tiba ngomongin kehidupan. Kalo saya reflect balik ke obrolannya… ternyata walau kata orang-orang saya nggak religius, tapi ternyata saya cukup serius dalam memaknai kata “bersyukur” dalam kehidupan sehari-hari.

Kenapa?

Kata beberapa orang, mereka kalo lagi ibadah suka berasa pengen nangis karena merasa ‘kena’ banget sama khotbah yang lagi disampein. Tadi siang saya cerita sama si Mamah kalo di kehidupan sehari-hari saya juga sering merasa ‘kena berkah’ banget dari Tuhan. Berkahnya apa? Ya ada aja loh. Misalnya… pas memutuskan berenti kerja kantoran. Takutnya setengah mati. Takut gak bisa nyukupin kebutuhan seperti biasa. Tapi eeehh… ada aja kerjaan lewat. Ada aja rejeki masuk. Jumlahnya gak berlebihan tapi pas aja buat kebutuhan. Emang sih pake usaha, but again, usaha yang nggak di-ridhoi sama Tuhan juga banyak ‘kan? Jadi selama usahanya halal dan baik sih… jangan takut. PASTI dikasih.

Terus pernah lagi satu waktu saya lagi perlu banget dana buat sesuatu hal yang amat mendesak. Dengan sok iye dan tekad bulat, akhirnya saya ke ATM terdekat walau tahu duit saya di Bank juga lagi gak seberapa. Pas ngecek saldo, saya dikejutkan dengan jumlah yang udah berubah drastis padahal gak ada jadwal pembayaran apa pun. Setelah ditelusuri… oh, ternyata yang pernah berutang sama saya pas banget bayar utang. Pas pulang, saya duduk di lantai kamar trus berdoa, bilang terimakasih.

Orang sinis barangkali akan bilang: “Ah, itu mah kebeneran aja.”

Tapi saya memilih untuk percaya. Percaya kalau Tuhan itu ada dan baik, apapun rupa dan bentukNya. Percaya bahwa kalau kita butuh untuk hal-hal yang baik, Tuhan pasti ngasih. Dan ngasihnya juga ya sebutuhnya kita kok. Nggak berlebih tapi juga nggak kurang.

Saya sering denger berbagai macam kesaksian yang hebat-hebat. Yang mendadak disembuhkan dari sakit, yang tadinya lumpuh terus bisa jalan… dan sebagainya. Dan saya menghargai semua kesaksian itu karena sebagai manusia beragama, kita mesti ngakuin kalau Tuhan itu berkuasa.

Tapi pernah gak sih kita sadar kalau tiap detik di kehidupan sehari-hari kita selalu adaaaa aja mujizat. Pernah gak kita mau bersaksi tentang kemurahan Tuhan sama kita? Misalnya nih ya, lagi panas-panas jalan kaki siang bolong… di saat kita udah gak tahan, pala rasanya mau pecah… tiba-tiba ada awan yang nutupin matahari, bikin kita adem sejenak. Hal yang mungkin remeh itu harus disyukuri, bukan? Karena… siapa yang bisa mindahin awan kalo bukan yang bikin?

Ah… Tuhan itu baik banget ya :)

Sebagai pertanyaan awal minggu ini dan biar bikin semangat kita semua selama seminggu ke depan, saya pengen tanya aja…

Apa yang paling kamu syukuri selama minggu lalu?

Inget loh, jawaban paling sepele seperti “Lagi pengen ketoprak, eh tiba-tiba abangnya lewat di depan rumah” juga udah berarti kamu bersyukur. Dan memang, hidup itu lebih damai kalau kita meng-acknowledge berkah yang diberikan Tuhan pada kita, setiap detik, setiap menit, setiap jam dalam setiap harinya. Cobain deh, pasti hati lebih lega… muka lebih ceria. Kata Mamah juga, rajin bersyukur itu pangkal awet muda. Gratis, gak perlu botox! :D

So, my tagline of the week is: Count your blessings, my friends… and be thankful :)

Tidak ada komentar: